SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN LINGKUNGAN HIDUP (PKLH) “Implementasi Dan Kebijakan Pendidikan Dalam Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia”

Pada tanggal 7 Juni 2012 kemarin diadakan Seminar Nasional Pendidikan dan Lingkungan Hidup dengan judul seminar yaitu “Implementasi Dan Kebijakan Pendidikan Dalam Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia”. Seminar Nasional ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni setiap tahunnya.

Seminar ini dihadiri oleh Dr. Nuryasin (Anggota DPR RI), Prof. Dr. Nadiroh, M.Pd (Kaprodi PKLH PPs UNJ), Amir Sagala, M.Si (Mahasiswa S3 PKLH PPs UNJ), dan Prof. Dr. I Made Putrawan. Dalam seminar ini membahas mengenai permasalahan lingkungan hidup di Indonesia berupa problem ekologi dan kemanusiaan, ESD (Education for Sustainable Development), dan pendidikan lingkungan hidup terkait dengan sampah dan kebersihan lingkungan.

Permasalah lingkungan hidup di Indonesia disebabkan oleh salah satunya ialah rendahnya pemahaman masyarakat terhadap pentingnya pengelolaan Sumber Daya Alam dan lingkungan hidup secara berkesinambungan sehingga memberikan dampak negatif yaitu pencemaran air, tanah, dan udara. Padahal seperti yang kita ketahui, hal tersebut sudah diatur dengan jelas pada produk hukum lingkungan hidup (konstitusi lingkungan) yaitu UUD 1945 pasal 33 ayat (4) yang berbunyi : “Perekonomian nasional diselenggarakan berdasarkan atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi-berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan,…”.

Oleh karena itu diperlukan upaya penyadaran dalam melestarikan lingkungan hidup yang sebaiknya ditanamkan sejak usia dini yang bisa dimulai dari keluarga dengan menanamkan nilai-nilai cinta kepada lingkungan dengan memasukan materi lingkungan hidup ke dalam kurikulum sekolah (SD) dasar dan seterusnya. Dari sejak dini inilah generasi kita dapat menunjukan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar serta dapat memotivasi teman-teman yang lain untuk melakukan kegiatan peduli terhadap lingkungan. Pemahaman dan kecintaan terhadap lingkungan hidup dengan tujuan menambah pengetahuan masyarakat khususnya tingkat pelajar serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengendalikan kerusakan lingkungan hidup. Dalam rangka mewujudkan kesadaran tersebut bukanlah merupakan hal yang mudah, karena kesadaran bukanlah pengetahuan atau pemahaman yang lahir dari informasi yang diterima, namun kesadaran ialah lebih menitikberatkan pada kebiasaan sehingga perlunya memberikan anak konsep Pendidikan Pembangunan Berkelanjutan atau Education for Sustainable Development (ESD) pada usia dini dimana diharapkan kesadaran akan peduli lingkungan akan terbentuk dan terbangun di usia anak-anak.

ESD merupakan suatu konsep holistic yang memiliki visi pendidikan dimana semua orang memperoleh kesempatan untuk bertanggung jawab dalam menciptakan dan menikmati masa depan yang berkelanjtuan. Dalam aplikasinya ESD ialah pendidikan yang mampu mengembangkan peserta didik menjadi rahmat sekalian alam. Konsep ini menekankan pada 3 (tiga) perspektif yaitu Economic Progress, Social Responsibility, dan Environmental Protection. Pada ESD ini memiliki 3 (tiga) konsep diantara ialah : Pembangunan yang dapat memenuhi kebutuhan hidup generasi sekarang tanpa harus mengesampingkan kemampuan generasi masa depan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka, Meningkatkan mutu hidup manusia dengan tetap hidup di dalam daya dukung ekosistem, dan Menguntungkan bagi semua makhluk di bumi (manusia dan ekosistem) pada masa kini maupun pada masa yang akan datang.

One thought on “SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN LINGKUNGAN HIDUP (PKLH) “Implementasi Dan Kebijakan Pendidikan Dalam Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>